Selasa, 30 Oktober 2012

TIK INTERNET INTRANET


  • Pengertian internet
Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satu jaringan internet dapat berada di mana saja atau bahkan di seluruh Indonesia. Sering juga internet diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer atau dibuat pemilik informasi yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet.
  • Pengertian intranet
Intarnet adalah jaringan komputer-komputer yang saling tersambung digunakan suatu sistem organisasi. Misalnya: jaringan komputer-komputer PT. Telkom seluruh Indonesia. Jadi dibilang “internet” khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet.



Berbagai Aplikasi Internet


Word Wide Web (Tim Berners Lee/1992)
www adalah dokumen dokumen yang disimpan diserver server yang terdapat diseluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dalam format hypertext dan hipermedia yaitu Hipertex Markup Lenguage atau HTML Html mempunyai kemampuan untuk menghubungkan link sebuah dokumen dengan dokumen lain, dan dapat memuat berupa text gambar maupun Video.

Electornik Mail (EMAIL) (Roy Tomlin/1972 [@])
Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet sarana komunikasi surat menyurat dlam bentuk elektronik, mengirim dan menerima sama persis dengan mengirimkan surat biasa.

Internet Relay Chat
IRC adalah aplikasi iternet yang digunakan untuk bercakap cakap diinternet seperti di facebook dan media sosil lainya, Istilah chating dilakukan dengan cara mengetikkan apa yang ingin kita katakan kepada teman, saya kira saya gak perlu menjelaskan secara detail mengenai Chating karna saya yakin anda sudah mahir dalam Hal ini.


File Transfer Procotol
File Transfer Procontol lebih sering disingkat FTP adalah apliksi internet yang digunakan untuk mengirimkan file atau mengabil file dari komputer lain FTP sangatlah memungkinkan mengirim dan menerima file lebih cepat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar